Untitled Document

Press Release


Beautifying Indonesia Conference
Puncak Perayaan 40th Martha Tilaar Group Berkarya

Jakarta 28 September 2010 – Tidak terasa sudah empat dasawarsa, Martha Tilaar Group lahir, tumbuh dan berkembang menjadi sebuah bisnis kecantikan terbesar di Indonesia dengan sejumlah unit bisnis yang saling berintegrasi. Tema Beautifying Indonesia yang dipilih untuk serangkaian acara perayaan 40th ini memiliki sebuah filosofi dan arti khusus. “Teguran keras dari guru saya di Amerika, telah menyadarkan bahwa saya harus ‘mempercantik’ Indonesia dengan berkarya dan memaksimalkan potensi yang saya miliki,” ungkap DR.Martha Tilaar.

Empat Pilar Beautifying Indonesia

Tema Beautifying Indonesia sendiri meliputi 4 pilar yaitu: education, green, culture dan women empowering yang diwujudkan melalui 8 aktivitas sepanjang tahun 2010 ini yaitu:

  1. Program Beauty Fund: setiap pembelian produk Martha Tilaar senilai Rp50.000,- berarti konsumen telah mendonasikan Rp400,- yang akan disalurkan untuk program Green Campus dan Gerakan 40.000 Buku.

  2. Program Gerakan 40.000 Buku: buku adalah gudang ilmu dan pengetahuan yang menjadikan seorang manusia berakal dan pintar sehingga mampu membangun negeri ini di masa depan. Sumbangan 40.000 buku layak baca yang dikumpulkan dari seluruh karyawan Martha Tilaar Group, konsumen, relasi dan sukarelawan ini nantinya akan disumbangkan melalui Kick Andy Foundation untuk dialokasikan ke taman bacaan, rumah buku, lapas wanita.

  3. Program Green Campus: 5 Juni 2010 lalu sudah diresmikan Taman Kampus OKA (Obat, Kosmetik, Aromatik) di Kampus Institut Teknologi Bandung, dan tanggal 6 Agustus 2010 di Universitas Indonesia dan menyusul berikutnya di Universitas Airlangga. Program ini bertujuan untuk pelestarian dan penyelamatan alam dan mengajak kaum mahasiswa untuk menjadikan green lifestyle dalam kehidupan sehari-hari.

  4. Program Beauty Class: mengajak para wanita Indonesia untuk lebih menggali potensi diri, meningkatkan rasa percaya diri diadakan serempak di 4 kota (Jakarta, Bandung, Gombong dan Surabaya) dengan target peserta 10.000 wanita dan memecahkan rekor MURI pada 17 juli 2010 lalu sebagai penyelenggara merias wajah dengan peserta terbanyak secara serentak di 4 kota.

  5. Media Gathering Beautifying Indonesia dan Beauty Heritage Tour: mengajak rombongan media cetak dan elektronik untuk kilas balik ke masa lampau dan berkunjung ke kota kelahiran DR Martha Tilaar yaitu Gombong. Juga ke kota Solo dan Jogjakarta, Di kedua kota inilah awal mula DR Martha Tilaar mempelajari ramuan-ramuan tradisional seperti jamu untuk perawatan tubuh, beliau berguru pada pakar kosmetika tradisional dan jamu, di antaranya Alm Gusti Putri dan Gusti Nurul dari Puri Mangkunegaran Surakakarta, Alm. Sri Sultan Hamengkubowono IX melalui B.R.A Dra. Ny. Muryuwati Suyono dari Kraton Yogyakarta. Itulah awal mula DR Martha Tilaar melahirkan produk Sariayu di era tahun 70-an. Misi dan kampanye untuk membuat konsumen menggunakan produk dalam negeri.

  6. Program Beauty Redemption: memilih 40 konsumen yang beruntung melalui redemption program Cosmetic Fair di 40 titik seluruh Indonesia. Pemenang akan memperoleh paket wisata ke Paris, Turki, Bali dan Jogjakarta.

  7. Program Launching Buku 40thn “ Womanology- The Art of Beauty Marketing ”: buku mengenai 40 kisah sukses perjalanan Martha Tilaar Group dari sisi marketing yang ditulis oleh Marketing Consultant handal, dan diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca dan kemajuan industri lokal di Indonesia. Juga ada 3 buku lainnya: Rias Pengantin Solo, Sanggul Cantik, dan BRIEF! Easy Marketing for Executor

  8. Program Beauty Conference: sebuah perhelatan akbar yang akan diselenggarakan pada 28 September 2010 dan merupakan beauty conference pertama dan terbesar di Indonesia, di mana akan berkumpul para expertise di dunia fashion and beauty. Tujuannya adalah memperkaya kedua ilmu tersebut dengan perkembangan trend dan teknologi yang ada, sharing session dari para pakar, dan juga membuka wawasan bagi setiap orang yang tertarik menjadi entrepreneur di bidang kecantikan.

Pertama dan Terbesar di Indonesia

Sebagai wujud syukur atas perjalanan selama 40 tahun ini, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada konsumen yang tetap mendukung program cinta produk dalam negeri sehingga produk lokal bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Selain itu juga, wujud terima kasih kepada segenap pihak yang turut berperan besar dalam bisnis Martha Tilaar Group selama ini.

Ada banyak cara untuk merayakan ulangtahun, kami memilih mengadakan sebuah acara di mana kami ingin membagikan ilmu sekaligus mengedukasikan kepada masyarakat Indonesia dan berkaitan memajukan dunia beauty dan fashion di Indonesia.

Maka dari itu, lahirlah Beautifying Indonesia Conference tanggal 28 September 2010 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center yang merupakan gabungan antara seminar dan workshop dunia kecantikan pertama dan terbesar di Indonesia, dengan total peserta mencapai 1500 orang, topik pembahasan terlengkap dari seminar-seminar kecantikan yang pernah ada, menghadirkan puluhan pembicara/narasumber asing maupun lokal mumpuni dari pagi hingga malam hari, serta dimeriahkan juga dengan parade adi karya busana 43 desainer papan atas Indonesia. Ini adalah bukti nyata kolaborasi yang harmonis selama lebih kurang 25 tahun Martha Tilaar Group secara konsisten mendukung kiprah langkah desainer muda Indonesia untuk mengepakan sayapnya hingga terus sukses dan eksis di kancah fashion tanah air dan juga mancanegara.

Beauty Masters Berbagi Ilmu dan Tips

Dalam acara ini, akan hadir 5 pembicara internasional yaitu: Gregoris Stravou – Skin Care Specialist dari Cyprus yang berbicara mengenai “ Intelligence Rejuvenation Anti Aging System by Using Radio Frequency), dua orang expertise dari Singapore yaitu Theresa Chew Tan – Asia Spa Institite Board of Advisor yang akan menceritakan mengenai Asia Spa and Wellness Trend 2010 & Beyond dan Make Up Artist terkemuka Singapore Yuan mendemokan mengenai run away stage make up. Selanjutnya, DR Michelle Delac dari USA akan berbicara mengenai “The Latest Trend in Skin Care & Anti Aging” dan Joao Cabral -Head of Google Business Solutions, Southeast Asia sharing topik mengenai 'How to build your brand online and drive in-store sales'

Empat seminar utama yang ditampilkan pada hari ini adalah: “Mengembangkan Usaha dengan Menjadi Sahabat Customer” dibawakan oleh pakar konsultan services Cyltamia Irawan. Berikutnya bagi mereka yang ingin membuat produk kecantikan sendiri dapat menimba ilmu dari Kunto Widarto narasumber PT. Cedefindo yang memproduksi sebagian besar produk kosmetik keluaran Martha Tilaar Group. Untuk mereka yang memiliki usaha spa dan salon, harus mendengarkan seminar dari Jeny Kartika (Iconic) mengenai how to make over your salon & spa dari segi interior design sehingga tampak menarik dan menjual.

ALL IN ONE: A-Z memulai bisnis beauty, fashion and lifestyle

Untuk materi Bridal, ada beberapa workshop yang bisa Anda pilih seperti: make up khusus pre wedding photoshoot oleh Chenny Han atau Lucia Tan, make up khusus pengantin muslim oleh M Dedi, Aryani atau Aju Isni Kari, dan trend mengenai photo pre wedding yang paling diminati dari Diany Pranata – Belladonna Wedding Organizer. Dari teknik fotografi, ada Darwis Triadi yang berbagi ilmu soal Teknik Fotografi Terhadap hasil Make Up,. Bagi peserta workshop yang ingin belajar mengenai riasan pengantin tradisional ala Keraton Jogjakarta bisa langsung bertemu dengan Tinuk Rifki, sedangkan riasan pengantin yang lebih modern bisa belajar dengan Sake.

Workshop mengenai skincare (perawatan kulit) dipersembahkan oleh Wong Lip Wih, B Pham PhD untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak soal Brightening Concept. Maestro rambut Rudy Hadisuwarno, Diana Hadisuwarno dan Sonny Susanto mengisi sesi dengan membagikan ilmu koreksi wajah sesuai dengan potongan rambut yang tepat.

Masih bingung dengan teknik menata sanggul yang elegan? Ada 5 pakar rambut yaitu: Sugimartono, Andyanto, Uqee, Sandra Lingga yang mempraktekkan ilmunya langsung di hadapan Anda.

Audiens juga bisa belajar mengenai menata bisnis spa dan mengetahui lebih banyak soal produk-produk spa dari Cantika Puspa Pesona, yang sudah mengembangkan lebih dari 40 cabang Salon & Day Spa Martha Tilaar di seluruh Indonesia dan mancanegara. Wulan Tilaar membawakan materi Bali Shui Pani Amarta: The secret of Holistic Spa on The Island of God dan Burang Riyadi memberikan tips Strategi Memilh Bisnis Franchise Kecantikan.

Pecinta dunia fashion Indonesia bisa belajar banyak dari Tedy Lim mengenai demo fashion make up and hair do, juga Ali Charisma dan Yudin.

Akhir kata, acara ini juga mendapatkan banyak sekali dukungan dari para sponsor termasuk Make Up Artist, pembicara dan desainger dari Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI). Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terkait dan juga rekan-rekan media yang selama ini terus mendukung kami untuk memberitakan hal-hal positif.

 

© 2010 Martha Tilaar Group. All rights reserved.
Best View 1024 x 768 Resolution